Sukses

Takbir Iringi Pemakaman Noordin

Jenazah Noordin M. Top dikuburkan di pemakaman Islam Kampung Melayu, Pontian Besar Kiri, Johor Bahru, Malaysia. Noordin dimakamkan di tempat itu atas permintaan keluarga.

Liputan6.com, Pontian: Jenazah gembong teroris, Noordin M. Top, dikuburkan di pemakaman Islam Kampung Melayu, Pontian Besar Kiri, Johor Bahru, Malaysia, Jumat (2/10). Kuburan Noordin, seperti dilansir ANTARA, berada tepat di belakang rumah orangtuanya. Semua keluarga Noordin hadir dalam pemakaman.

Sebelum dimakamkan, peti jenazah Noordin dibawa ke Masjid Jamiek Nurul Iman sekitar pukul 18.10 waktu setempat. "Allahu Akbar...Allahu Akbar...Allahu Akbar," teriak massa ketika peti jenazah Noordin tiba di masjid.

Usai disalatkan, jasad Noordin kemudian dibawa ke mobil jenazah untuk dimakamkan di kuburan yang letaknya hanya sekitar 300 meter dari masjid. Massa terus menerus meneriakan "Allahu Akbar" hingga peti turun dari mobil jenazah.

Sekitar 300 orang hadir saat pemakaman. Namun jika dihitung hingga ke luar pekuburan, massa yang datang mencapai 2.000 orang, termasuk keluarga, tetangga, dan teman-temannya. Sebanyak 50 polisi ikut mengamankan pemakaman itu.

Sebelum diturunkan ke liang lahat, peti jenazah sempat dibuka. Keluarga dan beberapa wartawan diberi kesempatan untuk mengambil foto. Setelah itu, istrinya meletakan tanah di dalam peti. Jenasah Noordin selanjutnya dimasukan ke liang kubur bersama petinya kemudian diuruk dengan tanah.

Usai dikuburkan seorang imam didampingi beberapa keluarga Noordin membacakan doa. Upacara penguburan selesai dan massa kemudian bubar. Tak ada pidato terakhir dari keluarga. "Dia dikubur di sini atas permintaan keluarga. Di pemakaman ini pula, kedua orangtua Noordin dikuburkan dan sebulan lalu abangnya yang nomor satu meninggal dan dikuburkan di sini juga," kata salah seorang kakak ipar Noordin yang enggan disebutkan namanya.

Ayah Noordin, Mochamad Top, memiliki tiga orang istri. Ibu Noordin adalah istri nomor dua dengan 13 anak. Noordin merupakan anak bungsu dari 13 bersaudara.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini