Sukses

Belasan Galon Bahan Peledak Ditemukan di Setiabudi

Sebanyak 19 galon berisi cairan dan bubuk zat kimia ditemukan di pinggir Jalan Dokter Satrio, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan. Bahan kimia yang terkandung di antaranya asam klorida yang biasa dijadikan sebagai bahan peledak.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 19 galon berisi cairan dan bubuk zat kimia berbahaya ditemukan di pinggir Jalan Dokter Satrio, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (30/9) siang. Diduga zat kimia yang ditemukan hanya sekitar 500 meter dari lokasi ledakan bom Mega Kuningan, tersebut adalah bahan dasar pembuat bom.

Tim Laboratorium dan Forensik Markas Besar Polri yang mendatangi lokasi penemuan langsung melakukan uji sampel untuk mengetahui isi dari cairan itu. Belakangan diketahui di 19 galon itu teridentifikasi lima jenis zat kimia. Satu di antaranya yang sudah diketahui adalah asam klorida (HCl). Zat kimia ini biasa dipakai sebagai bahan dasar pembuat bom, narkotika dan obat-obatan berbahaya jenis shabu-shabu.

Menurut warga, belasan galon tersebut diturunkan dalam dua tahap dengan menggunakan mobil boks berwarna biru tua dalam sebulan terakhir. Pada penurunan pertama, empat galon diturunkan. Sisanya diturunkan pada penurunan kedua. Namun, hingga saat itu warga tak curiga karena tak mengetahui isi dan pemiliknya.

Penemuan ini sempat menjadi tontonan warga dan mengakibatkan kemacetan panjang di sekitar lokasi penemuan. Sementara belasan galon berisi bahan kimia berbahaya dibawa ke Kepolisian Sektor Setiabudi untuk diidentifikasi lebih lanjut.(ZAQ/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini