Sukses

Massa Propemberantasan Korupsi Datangi KPK

Massa dari dari Forum Masyarakat Propemberantasan Korupsi direncanakan berunjuk rasa di depan Kantor KPK, Jaksel. Massa diperkirakan berdemo soal RUU Tipikor yang sedang dibahas DPR.

Liputan6.com, Jakarta: Massa dari Forum Masyarakat Propemberantasan Korupsi berencana mendatangi Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (31/8). Kelompok tersebut akan menggelar aksinya sekitar pukul 13.00 WIB. Demikian keterangan Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, seperti dilansir ANTARA.

Unjuk rasa tersebut diperkirakan berkaitan dengan Rancangan Undang-Undang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (RUU Tipikor) yang sedang dibahas DPR. Sejauh ini, usulan memasukkan pengadilan khusus tipikor menjadi salah satu bagian dalam pengadilan negeri di seluruh provinsi mendapat kritikan dari sejumlah pihak.

Sebelumnya, Koalisi Penyelamat Pemberantasan Korupsi bahkan menyarankan, pembentukan pengadilan tipikor cukup diadakan di lima wilayah besar yaitu Jakarta, Medan, Makassar, Samarinda, dan Surabaya. Ini terkait dengan jumlah anggaran dan ketersediaan sumber daya manusia. "Pembentukan pengadilan tipikor di seluruh kabupaten atau kota adalah ide yang tidak realistik,"ujar Dadang Trisasongko dari koalisi kepada wartawan di Jakarta, Selasa pekan lalu. Koalisi Penyelamat Pemberantasan Korupsi sendiri terdiri atas sekitar 30 Lembaga Swadaya Masyarakat antikorupsi.(OMI/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.