Sukses

Polisi Lacak Dana Teroris dengan TI

Mabes Polri tengah melacak asal dan aliran dana jaringan teroris pimpinan Noordin M. Top dengan bantuan teknologi informasi.

Liputan6.com, Semarang: Kepala Divisi Humas Mabes Polri Insepektur Jenderal Polisi Nanan Soekarna menyatakan tengah melacak asal dan aliran dana jaringan teroris pimpinan Noordin Mohamad Top dengan bantuan teknologi informasi (TI). "Untuk menyelidiki asal dana yang digunakan jaringan teroris kami menggunakan kecanggihan TI dan akan melibatkan pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan," kata Nanan kepada ANTARA di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (15/8).

Menurut Nanan pencarian donatur dana teroris penting untuk memetakan pergerakan teroris, dari perekrutan, perencanaan, hingga perakitan bom yang ditengarai membutuhkan biaya besar. "Untuk saat ini semua masih diselidiki oleh tim di lapangan dengan menggunakan metode-metode tadi," ujarnya. Nanan juga menjamin bahwa polisi senantiasa memperhatikan hak asasi manusia ketika menangkap teroris dan menjamin semua itu sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Kalau ada anggota teroris yang tewas dalam penangkapan, itu terpaksa karena jika tak segera diambil tindakan, dikhawatirkan akan jatuh korban baik dari kepolisian maupun masyarakat," kilahnya. Mengenai pembatasan penjualan bahan kimia, Nanan menganggap hal itu sebagai upaya bersama. "Kami bukan ingin menyulitkan para pembeli bahan kimia tapi kepolisian hanya ingin mengawasi bahan kimia yang dibeli dan akan dipergunakan untuk apa," katanya.(JUM/DIO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini