Sukses

Pengamat: Noordin Masih di Jawa

Terkait rumor yang menyebut Noordin M. Top belum tewas, pengamat terorisme, Al Chaidar mendukung teori tersebut. Ia menduga gembong teroris itu masih berada di wilayah Jawa.

Liputan6.com, Jakarta: Terkait rumor bahwa teroris yang tewas ditembak Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 di Temanggung, Jawa Tengah, bukanlah Noordin M. Top, pengamat terorisme Tanah Air, Al Chaidar mendukung teori tersebut. Melalui sambungan telepon dari Studio Liputan 6 SCTV di Jakarta, Selasa (11/8) sore, ia meragukan jenazah yang kini ada di Rumah Sakit Polri, Jakarta Timur adalah Noordin. Lantas, jika masih hidup, dimanakah ia sekarang? [baca: Jenazah Teroris di RS Polri Masih Misterius].

Al Chaidar mengungkapkan ada tiga kemungkinan dimana Noordin masih bebas berkeliaran, yaitu di Jatim, Jateng, dan Banten. Pasalnya di wilayah Jawa terutama Jatim, teman-teman Noordin banyak berkumpul. Al Chaidar mengaku informasi ini ia dapat dari jaringan Jamaah Islamiah dan jaringan Noordin lainnya.

Terkait foto mirip Noordin yang dilansir polisi di Jatiasih, Bekasi, Jabar, Kamis silam, Al Chaidar sekali lagi menyangsikan hal itu. Ia mengaku pria berkemeja biru lengan panjang, memakai topi, berperawakan sedikit gemuk, dan memiliki tinggi sekitar 175 sentimeter itu bukanlah Noordin. Al Chaidar yang pernah bertemu gembong teroris itu di Banten pada 2003 silam mengaku Noordin tidak memiliki ciri seperti itu. Ia menambahkan, Noordin tidak biasa berjalan sendiri dan kerap membawa tas atau koper.

Ketika ditanya rumor mengenai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menjadi sasaran teroris, Al Chaidar hanya tersenyum. Ia mengaku SBY tidak memiliki kriteria tertentu yang membuatnya menjadi target yang perlu dihabisi. Lagipula, jaringan teroris Noordin ini hanya berbasis pada jihad, tidak bertindak sesuai emosi atau balas dendam semata. Selengkapnya simak video berikut.(WIL/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini