Sukses

Pengamat: Noordin Top Bukan Pimpinan Tertinggi

Dalam jaringannya, Noordin M. Top sebenarnya bukanlah pimpinan tertinggi. Gembong teroris ini hanya bertugas merekrut eksekutor di bawahnya.

Liputan6.com, Jakarta: Noordin Mohamad Top diduga bukan pimpinan tertinggi dalam kelompoknya. Buronan paling dicari di Tanah Air ini hanya wakalah yakni yang bertugas merekrut fi`ah atau sel yang bertugas sebagai eksekutor. Demikian diungkapkan oleh pengamat terorisme, Al Chaidar di Jakarta, Ahad (2/8).

Al Chaidar menyebutkan nama-nama seperti Ibrahim yang bekerja sebagai penata bunga di Hotel Ritz Carlton dan Nur Hasbi yang menyewa kamar 1808 Hotel JW Marriott, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, dipercaya sebagai sel dari Noordin. Keberadaan keduanya masih belum jelas. Al Chaidar menambahkan cara kelompok kerja Noordin sangat rapi hingga sulit diendus.

Perburuan Noordin terus dilakukan polisi di berbagai daerah. Di Jawa Tengah, polisi memfokuskan pencarian di Kecamatan Boja, Kendal. Ini setelah menemukan vespa tua yang diduga milik teroris asal Malaysia. Vespa dengan nomor polisi AA 4069 CA dititipkan ke seorang warga pada 15 Juli lalu. Namun hingga saat ini belum diambil. Berita lengkapnya, simak di video.(JUM/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini