Sukses

Nur Hasbi Diduga Kurir Noordin Top

Pengamat terorisme mengatakan Nur Hasbi merupakan anak buah dari Noordin M. Top. "Bahkan dia pernah menjadi kurir Noordin," kata Al Chaidar.

Liputan6.com, Jakarta: Nur Hasbi, pria yang diduga sebagai bomber di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, disebut-sebut berteman dengan Asmar Latin Sani, pelaku pengeboman Marriott pada 2003. "Nur Hasbi satu angkatan di [Pesantren] Al Mukmin Ngruki," kata pengamat terorisme, Al Chaidar di Studio SCTV, Jakarta, Ahad (19/7).

Menurut Al Chaidar, Nur Hasbi merupakan anak buah dari gembong teroris yang paling dicari di Tanah Air, yakni Noordin Mohamad Top. "Bahkan dia (Nur Hasbi) pernah menjadi kurir Noordin," ungkap Al Chaidar. Nur Hasbi diduga merupakan anggota kelompok Cilacap, Jawa Tengah.

Lebih jauh Al Chaidar mengatakan kelompok Noordin terbagi dalam beberapa wilayah di antaranya kelompok Banten, Palembang, dan Cilacap. Dari semua kelompok, hanya Cilacap yang dapat bertemu dengan Noordin. Saat ini Noordin disinyalir telah merekrut 19 ribu pengikut.

Mengenai dugaan pelaku merupakan seorang wanita, Al Chaidar belum bisa memastikan. Namun menurut dia, kelompok Banten pernah melatih seorang perempuan untuk menjadi pengantin--sebutan untuk pelaku bom bunuh diri. Selama ini, "pengantin" merupakan seorang laki-laki.

Kondisi fisik Noordin saat ini sangat berbeda dengan banyak foto yang diedarkan polisi. Noordin kini sudah tak punya jenggot, ada kumis tipis, dan rambutnya tipis. Menurut Al Chaidar, terorisme merupakan kejahatan khusus dan kejahatan yang kreatif. Karena itu, aparat dan masyarakat diminta oleh lebih waspada lagi. Selengkapnya simak video.(JUM/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.