Sukses

Hampir Seluruh Jenis Sembako di Indonesia Naik

Hampir semua harga jenis sembako naik dalam sepekan terakhir. Menteri Perdagangan Marie E. Pangestu menegaskan pemerintah terus memantau agar harga tetap dapat dikendalikan termasuk mengadakan operasi pasar khususnya beras.

Liputan6.com, Jakarta: Sudah sepekan terakhir harga kebutuhan sembilan kebutuhan bahan pokok (sembako) naik. Di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, misalnya, harga beras menengah ke bawah naik menjadi Rp 5.500 per kilogram. Kenaikan harga ini juga diikuti harga kebutuhan pokok lainnya seperti telur ayam dan minyak goreng. Menanggapi kenaikan harga ini, pemerintah berjanji segera melakukan operasi pasar khususnya beras.

Pelaksanaan operasi pasar bukan hanya dilakukan di Jakarta, tapi juga di daerah-daerah yang harga sembakonya naik di luar kewajaran. Di Temanggung, Jawa Tengah, misalnya. Ternyata bukan hanya harga beras saja yang naik di Temanggung, tapi juga harga telur ayam naik drastis dari semula Rp 12 ribu per kilogram naik menjadi Rp 16 ribu per kilogram. Diperkirakan harga kebutuhan pokok ini akan merangkak naik terutama saat mendekati Ramadan atau bulan puasa nanti.

Tak hanya itu, di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, harga telur ayam semakin tidak terkendali. Jika sebelumnya satu pak isi 30 butir harganya Rp 24 ribu, kini naik menjadi Rp 32 ribu. Kenaikan ini dipicu terlambatnya pasokan dari luar daerah. Selain telur, harga sembako yang mengalami kenaikan cukup signifikan, yakni beras IR 64 yang naik Rp 500 menjadi Rp 7.000 ribu per kilogram.(BJK/ANS)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini