Sukses

Lagarde Mulai Pimpin IMF

Mantan Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde mengambil alih posisi sebagai ketua baru Dana Moneter Internasional (IMF) mulai Selasa (5/7). Tantangan pertamanya mengatasi krisis keuangan seperti pertanyaan baru tentang dana talangan (bailout) Portugal.

Liputan6.com, Washington DC: Mantan Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde mengambil alih posisi sebagai ketua baru Dana Moneter Internasional (IMF) mulai Selasa (5/7). Tantangan pertamanya mengatasi krisis keuangan seperti pertanyaan baru tentang dana talangan (bailout) Portugal.

Ia menghabiskan hari pertamanya di kantor pusat IMF di Washington DC dalam pertemuan dengan tim manajemen Dana, dewan eksekutif, kepala departemen dan staf lainnya. Namun debutnya dirusak oleh penurunan peringkat tajam utang Portugal ke status sampah oleh Moody's.

Lembaga pemeringkat itu memperingatkan bahwa Lisbon tidak dapat memenuhi persyaratan reformasi pertama dari dana talangan pertamanya 78 miliar euro (112 miliar dolar AS) dari IMF-Uni Eropa dan akan membutuhkan paket penyelamatan kedua.

Itu datang setelah beberapa minggu dihabiskan untuk membentuk kembali penyelamatan 110 miliar euro Uni Eropa-IMF untuk Yunani -- termasuk restrukturisasi utang yang dimiliki oleh bank-bank -- di mana Lagarde memainkan peran penting sebagai menteri keuangan Prancis.

Kerusakan Portugal, setelah Yunani, bisa menguji komitmen IMF terhadap stabilitas zona euro.

Wanita pertama yang menjadi ketua kreditur kunci untuk krisis dunia, mengambil alih posisi itu segera setelah pria sebangsanya, Dominique Strauss-Kahn, mundur pada Mei untuk menghadapi tuduhan pelecehan seksual.

Janda berusia 55 tahunnya ini posisinya naik dua kali lebih cepat di jajarannya dan akhirnya pindah ke kantor pusat perusahaan di Chicago untuk mengawasi operasi global. Ia sempat menjadi seorang pengacara di firma hukum kenamaan Prancis. Pada Juni 2005, ia bergabung dengan pemerintah Prancis sebagai menteri perdagangan, dan kemudian pada  2007 ia menjadi menteri keuangan wanita pertama di Prancis dan di G-8.

Dia berhasil mengalahkan saingannya Gubernur Bank Sentral Meksiko Agustin Carstens. Dia berkomitmen melayani sebagai direktur pelaksana IMF selama lima tahun setelah tiga direktur sebelumnya, semua orang Eropa, meninggalkan pekerjaan lebih awal, menurut sebuah pernyataan dari pengangkatannya.

Lagarde diberi paket gaji tahunan 467.940 dolar AS bersih dari setiap pajak, dan 83.760 dolar tunjangan untuk mempertahankan "skala hidup yang sesuai" untuk posisinya.(ANT/AFP/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.