Sukses

Menkeu: Belum Ada Keputusan Naikkan BBM

Menteri Keuangan Agus Marto Wardoyo berjanji tidak akan menaikan harga BBM lantaran realisasi harga minyak mentah dunia kini telah mencapai lebih dari 100 USD per barelnya.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Keuangan Agus Marto Wardoyo berjanji tidak akan menaikkan harga BBM lantaran realisasi harga minyak mentah dunia kini telah mencapai lebih dari 100 USD per barelnya.

"Kalau kita lihat realisasinya kan sekarang sudah di atas 100 dolar, jadi tentu ada pemikiran dan ini juga dimungkinkan oleh Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara bahwa pemerintah bisa menaikkan harga BBM. Tetapi menaikkan harga BBM secara ekonomi itu satu sisi, namun harus dipikirkan aspek-aspek lain, jadi pemerintah mengkaji hal itu tapi dalam waktu dekat kita belum memutuskan akan menaikkan harga BBM," ucap Agus kepada para wartawan saat ditemui seusai RDP dengan Komisi VI DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6).

Lebih lanjut Agus menjelaskan, meskipun pemerintah belum berencana menaikkan harga BBM, tetapi pengendalian BBM bersubsidi harus terus dilakukan dengan efektif, jika tidak dilakukan pengendalian maka volume yang telah pemerintah anggarkan untuk subsidi BBM tersebut akan terlewati.

"Tetapi pengendalian BBM bersubsidi harus dilakukan dengan efektif, kalau tidak dilakukan pengendalian, volume yang kita anggarkan akan terlewati. Jadi yang saya ingin sampaikan kita melihat BBM dan listrik adalah komponen yang harus kita wapadai tapi kita belum merencanakan saat ini untuk penyesuaian harga BBM," tandas Agus. (ARE/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini