Sukses

Menkeu Prancis Jadi Direktur IMF

Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde telah terpilih sebagai Direktur Pelaksana baru di Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa (28/6).

Liputan6.com, Paris: Menteri Keuangan Prancis Christine Lagarde telah terpilih sebagai Direktur Pelaksana baru di Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa (28/6). Dalam sebuah pernyataan resmi IMF, Legarde dipilih oleh dewan eksekutif melalui konsensus.

Laman NHK juga mewartakan, Lagarde akan menjadi wanita pertama yang memegang jabatan Direktur Pelaksana IMF. Ia resmi menggantikan Dominique Strauss-Kahn dan akan memulai masa jabatan 5 tahunnya pada Selasa pekan depan. Dalam pernyataan resminya, Lagarde mengaku sangat tersanjung dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Ia juga sudah membuat tujuan utamanya selama menjabat nanti, yakni akan mengembalikan semangat pinjaman internasional dalam fokus yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya itu, ia juga akan melanjutkan pencapaian pertumbuhan yang lebih kuat dan berkelanjutan demi stabilitas mikroekonomi.

Lagarde juga berhasil mengalahkan Gubernur Bank Sentral Meksiko Agustin Carstens setelah Amerika Serikat, pihak kontributor terbesar IMF, ikut menyatakan dukungan besar untuknya. Selain itu, Legarde juga didukung oleh negara-negara Eropa, termasuk Rusia dan Cina.

Seorang mantan pengacara, Lagarde juga pernah menjabat sebagai Menteri Ekonomi, Keuangan dan Industri di bawah kekuasaan Presiden Nicolas Sarkozy sejak 2007. Ia dikenal karena kemampuannya untuk menengahi dan membangun konsensus. Lagarde akan menghadapi tantangan langsung, termasuk upaya eurozone-IMF untuk menyelamatkan utang yang melanda Yunani. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.