Sukses

Pagi Ini Rupiah Masih Melemah

Kurs mata uang rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan pagi bergerak melemah 15 poin ke level Rp 8.610 poin dibanding posisi terakhir sebelumnya Rp 8.595.

Liputan6.com, Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, Senin (27/6) pagi, masih melemah. Hal ini dipicu kondisi perekonomian global yang masih negatif sehingga membuat investor masih mengambil posisi ambil untung.

Seperti dilansir Antara, kurs mata uang rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan pagi bergerak melemah 15 poin ke level Rp 8.610 poin dibanding posisi terakhir sebelumnya Rp 8.595.

Pengamat pasar uang Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih di Jakarta, mengatakan masih minimnya sentimen positif baik dari dalam negeri maupun eksternal membuat pergerakkan rupiah terhadap dolar AS tertekan.

Ia menambahkan, beberapa asumsi makro untuk rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) pada 2012 seperti pertumbuhan ekonomi antara 6,6 persen hingga tujuh persen, inflasi (year of year) antara empat persen hingga 5,3 persen, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar antara Rp 8.600-Rp 9.100 dianggap terlalu optimistis di tengah ketidakpastian pasar keuangan global saat ini.

Namun, lanjut dia, potensi untuk pencapaiannya masih sangat terbuka ke depan dengan. Asumsi ini juga mengindikasikan pemerintah masih mengharapkan pasar Indonesia menjadi tumpuan investasi global. "Dengan target pertumbuhan ekonomi yang tinggi disertai perkiraan inflasi yang rendah dapat menarik investor masuk ke dalam negeri," katanya.

Ia memprediksi, pada perdagangan hari ini, sentimen positif pada rupiah akan berlanjut didukung oleh solusi penyelesaian utang Yunani. Ia mengatakan pula, pertemuan pemimpin Uni Eropa (UE) yang sepakat membantu Yunani dengan program baru dan melakukan segala upaya untuk menstabilkan perekonomian di zona Eropa dan diprediksi akan berdampak positif pada perekonomian Asia.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini