Sukses

Harga Beras Merangkak Naik

Seiring berakhirnya masa panen raya periode Februari-Mei, harga beras mulai merangkak naik di sejumlah sentra penjualan beras.

Liputan6.com, Jakarta: Stok beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur, masih cukup melimpah. Namun, seiring berakhirnya masa panen raya periode Februari-Mei, harga beras mulai merangkak naik. Salah satu penyebabnya karena tak sedikit yang gagal panen pada masa panen raya lalu. Di pasar induk beras Cipinang ini misalnya, kenaikan mencapai Rp 100 sampai Rp 300 per kilogram.

Pedagang mengaku khawatir akan kondisi ini, mengingat dapat berdampak pada berkurangnya pasokan dan omzet yang menurun 20 hingga 25 persen. Mereka berharap pemerintah segera bertindak agar harga tidak meroket. Sebab, hal ini dikhawatirkan mempengaruhi daya beli masyarakat, seperti yang terjadi di Pasar Palmerah, dimana kenakan mencapai Rp 300 hingga Rp 500 untuk hampir seluruh jenis beras.

Langkah awal untuk menahan laju kenaikan harga beras idealnya pemerintah segera menggelar operasi pasar. Apalagi selang sebulan ke depan masyarakat akan menyongsong bulan suci Ramadan dan Lebaran.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini