Sukses

Mengisi Waktu Luang Menjadi Uang

Dari sekadar mengisi waktu luang ketika berada di rumah, Riqa, seorang ibu rumah tangga, mampu membuka peluang usaha dengan cara membuat souvenir berupa gelang berbahan benang dan biji-bijian.

Liputan6.com, Situbondo: Dari sekadar mengisi waktu luang ketika berada di rumah, Riqa, seorang ibu rumah tangga, mampu membuka peluang usaha dengan cara membuat souvenir berupa gelang berbahan benang dan biji-bijian. Warga Desa Kapongan, Situbondo, Jawa Timur ini memanfaatkan bahan yang gampang ditemukan di lingkungan sekitar rumahnya. Peralatan yang digunakan juga masih tradisional.
 
Ide kerajinan gelang itu bermula saat banyak benang bekas di lingkungannya yang dibuang tak berguna. Barang bekas itu selanjutnya dikemas menjadi barang yang mempunyai nilai jual.
 
Setiap hari Riqa mampu membuat sekitar 300 gelang. Harga yang terjangkau menjadi alasan souvenir gelang dan kalung buatannya banyak diburu para konsumen. Pemasarannya pun kini sudah mencapai ke mancanegara.
 
Harga sebuah gelang dipatok berkisar Rp 2.500 sampai Rp 5.000 per buah. Sedangkan untuk kalung berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 25 ribu per buah. Dari hasil ide kreatifnya, kini Riqa mampu meraup Rp 2 juta hingga Rp 5 juta tiap bulan. Karyawan Riqa pun kini sudah mencapai 10 orang.(ADO)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini