Sukses

Sarpangih, Juragan Keset dari Depok

Terkena pemutusan hubungan kerja bukan kiamat bagi Sarpangih yang banting setir memproduksi keset dari sisa limbah.

Liputan6.com, Depok: Terkena pemutusan hubungan kerja bukan kiamat bagi Sarpangih. Mantan buruh perusahaan garmen yang tinggal di Kampung Sindang, Karsa, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, ini memeras otak untuk mempertahankan nafkah bagi keluarganya. Sejumlah peluang usaha dicoba, namun hasilnya nihil.

Sarpangih tak menyerah dan kerja kerasnya sedikit membuahkan hasil. Memanfaatkan sisa limbah industri karpet, ia mengolahnya menjadi keset. Berbekal dua mesin jahit dari hasil membongkar tabungan, ia memulai usaha ini.

Dalam sebulan Sarpangih dapat memproduksi sedikitnya 1.500 lembar keset. Untuk sementara hasil produksinya dipasarkan di kawasan Jabodetabek. Dalam sebulan pula sedikitnya ia mampu meraup omset hingga Rp 3 juta.

Hasil karya Sarpangih tak kalah dengan produksi pabrik. Namun demikian ia berharap perhatian pemerintah untuk dapat mengembangkan usahanya sekaligus menciptakan lapangan kerja.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini