Sukses

ACFTA, Perdagangan Indonesia Terus Defisit

Sepanjang akhir 2010, neraca perdagangan Indonesia-Cina terus defisit. Ekspor indonesia ke Cina mencapai US$ 49,2 miliar. Sedangkan impor produk Cina yang masuk ke Indonesia menerobos hingga US$ 52 miliar.

Liputan6.com, Jakarta: Produk Cina membanjiri negeri ini. Ironisnya, pemerintah seperti tak bisa berbuat banyak karena ini merupakan dampak dari persetujuan perdagangan bebas dengan Cina.

Menurut Wakil Ketua Kadin Natsir Mansyur, baru-baru ini, dampak dari perdagangan bebas adalah 20 persen industri padat karya beralih ke sektor perdagangan. Ini terjadi karena produk Indonesia kalah bersaing dengan buatan Cina yang bisa dijual dengan harga lebih murah.

Sepanjang akhir 2010, neraca perdagangan Indonesia-Cina terus defisit. Ekspor indonesia ke Cina mencapai US$ 49,2 miliar. Sedangkan impor produk Cina yang masuk ke Indonesia menerobos hingga US$ 52 miliar.(ULF)











* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini