Sukses

Menkeu: Kerja Sama Ekonomi ASEAN Perlu Ditingkatkan

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan kerja sama ekonomi antarnegara ASEAN harus ditingkatkan dengan terus memperkuat dialog dalam sektor finansial untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Liputan6.com, Badung: Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo mengatakan kerja sama ekonomi antarnegara ASEAN harus ditingkatkan. "Dengan memperkuat kerja sama dialog antarnegara ASEAN, kerja sama finansial dapat berkembang lebih efektif dan baik untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ujarnya dalam sambutan pembukaan Pertemuan Menkeu se-ASEAN ke-15 (ASEAN Finance Ministers Meeting) 2011 di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (8/4).

Dalam pertemuan yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, Menkeu juga menyampaikan kehormatan atas terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan yang berlangsung setiap tahun pada minggu pertama April ini. Dalam pembukaan ini hadir Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bali Mangku Pastika serta Menteri Keuangan negara-negara ASEAN [baca: Pagi Ini SBY Buka Pertemuan Menkeu se-ASEAN].

Menkeu menambahkan pertemuan ini sangat penting karena saat ini Indonesia dalam mengemban ketua (chairman) ASEAN 2011. Ini sekaligus kesempatan yang baik untuk memperkenalkan kebijakan luar negeri Indonesia dalam memperkuat stabilisasi antar wilayah Asia Tenggara.

Pertemuan ini, imbuh Menkeu, juga sangat berperan mengenalkan ASEAN secara keseluruhan kepada rekan mitra di luar ASEAN, yaitu negara-negara ASEAN plus tiga, ASEAN plus enam dan East Asia Summit. "ASEAN selama ini dikenal sebagai organisasi yang solid, untuk itu dalam kesempatan ini saya berterima kasih kepada rekan Menteri Keuangan se-ASEAN yang telah berperan dalam menciptakan pertumbuhan masyarakat ekonomi," ujarnya. Untuk itu, pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan suatu putusan untuk menumbuhkan masyarakat ekonomi ASEAN yang lebih berintegritas.

Dalam pertemuan tersebut juga diadakan beberapa pertemuan penting lainnya seperti pertemuan tingkat Deputi Menteri Keuangan Negara-negara ASEAN plus tiga, yaitu ASEAN plus China, Jepang, dan Korea Selatan. ASEAN Finance Ministers Meeting adalah pertemuan tingkat menkeu se-ASEAN yang diadakan setiap tahun, pada minggu pertama bulan April dan dilakukan bergilir diantara negara-negara anggota ASEAN.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini