Sukses

Kilang Terbakar, Pertamina Harus Antisipasi

Kebakaran kilang minyak di Cilacap, Jateng, berpotensi mengganggu pasokan BBM jenis Premium ke wilayah Jawa. Untuk itu, pihak Pertamina diimbau segera mengantisipasi dengan meminta bantuan dari wilayah lain.

Liputan6.com, Jakarta: Kebakaran kilang minyak terbesar di Indonesia di Kompleks I Pertamina Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (2/4) pagi, berpotensi mengganggu pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM). Untuk itu, Pertamina dapat meminta bantuan dari wilayah lain. "Itu  kilang terbesar di Indonesia. Akan sangat mempengaruhi suplai BBM di wilayah Jawa, terutama premium," kata pengamat perminyakan Kurtubi kepada Liputan6.com.

Kekurangan pasokan tersebut, kata Kurtubi, akan terjadi jika banyak tangki yang terbakar. Jika hanya satu tangki, kekurangan pasokan BBM akan terjadi di wilayah Cilacap dan sekitarnya. "Suplai pasti akan berkurang, tapi seberapa besar belum ada keterangan. Pertamina harus bisa mengantisipasi," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar pukul 05.40 WIB, Kompleks I Pertamina Unit Pengolahan IV Cilacap, Jawa Tengah, terbakar [baca: Kilang Pertamina di Cilacap Terbakar]. Hal ini telah berlangsung lebih dari dua jam dan hingga kini api dikabarkan belum padam. Kebakaran kilang minyak Cilacap ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya kilang tersebut pernah pula terbakar pada 2008 silam.(BJK/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini