Sukses

Pemerintah Siapkan Rp 3 T Hadapi Musim Ekstrem

Pemerintah menyiapkan dana Rp 3 triliun melalui APBN 2011 sebagai upaya antisiapsi terjadinya gagal panen yang diakibatkan faktor bencana alam dan cuaca buruk.

Liputan6.com, Brebes: Pemerintah menyiapkan dana Rp 3 triliun melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara 2011 di bidang pertanian sebagai upaya antisiapsi terjadinya gagal panen yang diakibatkan faktor bencana alam dan cuaca buruk. Dana akan dibagikan kepada petani apabila mereka gagal panen.

Demikian diungkapkan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa di Kota Brebes, Jawa Tengah, Jumat (25/3). Menurut dia, pemerintah pusat akan mengganti kerugian petani hingga Rp 2,6 juta per hektare. Namun Hatta tetap berkeinginan tak ada cuaca buruk dan petani menikmati hasil kerjanya.

Lebih jauh Hatta mengatakan teknis pengajuan klaim jika gagal panen bisa dilakukan melalui Dinas Pertanian. Hatta menambahkan bantuan ini sebagai kesiapan pemerintah dalam menjaga kesediaan pangan yang akan diproduksi petani. Dana sebesar Rp 1 triliun di antaranya untuk membeli gabah petani.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.