Sukses

Ribuan Truk Masih Tertahan di Merak

Pihak ASDP dan Kementerian Perhubungan segera mengambil langkah nyata dalam mengatasi antrean yang terjadi tiap akhir pekan di Pelabuhan Merak.

Liputan6.com, Merak: Ribuan truk ekspedisi masih tertahan di jalan layang Cikuasa Atas, Merak, Kota Cilegon, Banten. "Saya sudah sejak Jumat pagi kemarin antre di jalan Cikuasa Atas Merak, dan sampai sekarang belum masuk ke Pelabuhan Merak," kata supir truk, Kusmanto, Sabtu (19/3).

Dia mengatakan, pihak ASDP dan Kementerian Perhubungan segera mengambil langkah nyata dalam mengatasi antrean yang terjadi tiap akhir pekan. "Saya harap ada jalan keluar atau solusi atas permasalahan yang ada di Merak ini, sehingga tidak ada yang dirugikan," katanya menambahkan.

Begitu pula Mardi, sopir pembawa pakan ternak dengan tujuan Palembang, mengaku tak mengerti kinerja pemerintah dalam mengatasi masalah ini. "Mereka itu kerjanya apa karena untuk mengurusi Pelabuhan Merak saja tidak bisa, apalagi kalau ada serangan teroris, bisa hancur negara" katanya kesal.

Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Teja Suparna menjelaskan, hari ini pihaknya mengoperasikan 22 kapal. "Sekarang kami sedang menunggu kapal bantuan, jadi kalau datang, total kapal sebanyak 23 unit," katanya.

Ia mengaku antrean kendaraan di Merak dikarenakan peningkatan volume jumlah angkutan. "Saya optimis besok sore antrean sudah tidak ada di Pelabuhan Merak, karena perusahaan tidak ada yang bongkar muat atau mengirim barangnya ke sejumlah daerah di Sumatra," katanya.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.