Sukses

Duta Produk Pertanian AS dari Indonesia

Empat Chef Indonesia dipercaya menjadi Duta Produk Pertanian AS. Mereka adalah Harianto Makmur, Edwin Lau, Muchtar Alamsyah, dan Ucu Sawitri yang duduk dalam USDA Council of Chefs-Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Empat Chef Indonesia dipercaya menjadi Duta Produk Pertanian Amerika Serikat. Mereka adalah Harianto Makmur, Edwin Lau, Muchtar Alamsyah, dan Ucu Sawitri. Mereka duduk dalam USDA Council of Chefs-Indonesia.

Para chef diperkenalkan kepada media, dalam sebuah acara di kediaman Duta Besar Indonesia untuk AS di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/3) malam. "Saya bukan mempromosikan mereknya lho ya, tapi saya memperkenalkan produk pertanian Amerika yang layak dikonsumsi oleh orang Indonesia," kata Ucu Sawitri bangga.

Harianto, Edwin, Muchtar, dan Ucu dipilih melalui proses seleksi tertentu. Juga berdasarkan rekomendasi dari berbagai pihak, menyangkut keahlian dalam urusan masak memasak. Mereka juga mendapat pelatihan khusus dari CIA, bukan lembaga intelijen AS, tapi Culinary Institute of Amerika di Greystone, Napa Valley, California.

"Meski begitu, saya tetap menomorsatukan produk Indonesia. Tetapi dalam kerjasama ini saya juga memperkenalkan bahan-bahan yang tidak ada di sini, misalnya almon atau kismis yang terbaik dari Amerika," tutur Ucu.

Ucu bangga terpilih menjadi duta produk pertanian Amerika. "Ya kalau ada chef yang bagus di Indonesia, mengapa harus mendatangkan dari sana  (Amerika, red)."
 
Sebagai Duta Produk Pertanian AS, Ucu dan tiga chef lain memiliki masa kerja selama empat tahun. Mereka akan memperkenalkan produk pertanian Amerika sesuai dengan keahlian khusus masing-masing dan menularkan ilmu kepada chef-chef lain di Indonesia. Mereka pun berkesempatan bolak balik ke Negeri Adidaya untuk belajar ilmu kuliner. "Saya juga ingin memperkenalkan makanan Indonesia, terutama produk pastrinya, karena disukai di sana," kata Ucu.
 
Belajar di Culinery Institute of Amerika bagi Ucu merupakan pengalaman yang sangat berharga. Sebab apa yang dipelajari di sekolah itu merupakan standar chef internasional. Lulusan dari sekolah itu akan diterima sebagai chef di negara manapun. Ucu dan ketiga rekannya menjadi duta pertama USDA Council of Chefs-Indonesia.(MLA/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.