Sukses

Pagi Ini Rupiah Lanjutkan Penguatan

Kurs mata uang rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta menguat 18 poin ke posisi Rp 8.837 dibanding sebelumnya yang sebesar Rp 8.855.

Liputan6.com, Jakarta: Mata uang rupiah pada Senin (21/2) pagi, melanjutkan "reli" penguatan selama sepekan di level Rp 8.800 terpicu oleh kembali masuknya dana asing ke dalam negeri. Kurs mata uang rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta menguat 18 poin ke posisi Rp 8.837 dibanding sebelumnya yang sebesar Rp 8.855.

Analis pasar uang Ahmad Riyadi di Jakarta, mengatakan, penguatan mata uang dalam negeri itu seiring dengan menguatnya indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dibuka menguat. "Kembali maraknya investor asing yang menempatkan dananya di pasar saham salah satu faktor penguatan rupiah," ujarnya [baca: Saham Unggulan Dorong IHSG Dibuka Naik].

Ia menambahkan, di saat yang sama penguatan rupiah ditengarai ada penarikan valas dari luar negeri (nostro account) dan pencairan pinjaman luar negeri disertai masuknya kembali investor asing ke pasar modal Indonesia. Selain itu, lanjut dia, Amerika Serikat berencana akan menaikkan investasinya di Indonesia dan menjadi investor dan perdagangannya terbesar di Indonesia.

"Hal itu akan memicu investor dari negara lain akan datang ke Indonesia untuk menempatkan dananya di dalam negeri. Indonesia saat ini akan terus mengembangkan infrastruktur, dengan infrastruktur yang memadai Indonesia akan terus tumbuh ekonominya," kata dia.

Lebih jauh Ahmad mengatakan, pergerakan mata uang dolar AS yang tertekan terhadap mata uang euro dan mata uang kawasan Asia menjadi sentimen positif untuk mata uang rupiah kembali melanjutkan penguatan. "Dolar AS mendapat sentimen negatif karena berita kenaikan harga konsumen pada Januari memberi sinyal inflasi di sana akan tinggi, hal ini dapat dimanfaatkan bagi rupiah untuk lanjutkan penguatan," kata dia.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.