Sukses

Harga Cabai Tak Terbendung

Harga cabai rawit merah di Purwakarta mencapai Rp 100 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya Rp 50 ribu per kilogram. Di Padang, Sumbar, kondisinya tak jauh berbeda.

Liputan6.com, Purwakarta: Pusing dan kaget, itulah yang dialami sebagian besar warga yang belanja di Pasar Rebo, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (3/1). Bayangkan, harga cabai rawit merah mencapai Rp 100 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya Rp 50 ribu per kilogram. Demikian pula cabai keriting yang kini menjadi Rp 60 ribu, bawang merah Rp 18 ribu, dan tomat Rp 8.000 per kilogram.

Para pedagang mengatakan pasokan berkurang karena cuaca yang tak menentu. Pembeli pun menjerit, sedangkan pedagang mengeluh karena omzet mereka turun sampai 40 persen.

Sementara di Pasar Raya Padang, Sumatra Barat, kondisinya tak beda jauh. Cabai merah dijual Rp 75 ribu, melambung dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram. Tak hanya cabai, harga bawang, beras, dan minyak goreng juga naik. Pasokan yang kurang masih menjadi penyebab utama melonjaknya harga sembako.

Tingginya harga pangan membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta agar mewaspadainya karena bisa menjadi kendala pertumbuhan ekonomi tahun 2011. Data Badan Pusat Statistik menyebutkan inflasi tahun 2010 sebesar 6,96 persen. Sumbangan terbesar dari bahan makanan, terutama beras, cabai merah, bawang merah, dan nasi dengan lauknya.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini