Sukses

Pemerintah Belum Berencana Menyesuaikan Harga BBM

Menko Perekonomian Hatta Radjasa menegaskan bahwa pemerintah tidak berniat menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) meski harga minyak mentah dunia diperkirakan bisa menembus 100 dolar AS pada 2011.

Liputan6.com, Jakarta: Menko Perekonomian Hatta Radjasa menegaskan bahwa pemerintah tidak berniat menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) meski harga minyak mentah dunia diperkirakan bisa menembus 100 dolar AS pada 2011.

"Kita juga tentu memiliki policy respon apabila menembus harga tersebut di atas. Tetapi tidak ada pikiran menaikkan harga BBM," ujar Hatta di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/12). Hatta mengatakan bahwa meski pergerakan harga minyak mentah dunia memang fluktuatif namun asumsi angka Indonesia Crude Price (ICP) selalu lima dolar di bawah harga minyak mentah dunia. "Kita tetap asumsi ICP dengan 80 dolar AS itu akan kita capai," ujarnya.

Pada 2011, Hatta menjelaskan fokus utama kebijakan ekonomi pemerintah adalah pembangunan infrastruktur dan keterhubungan agar perekonomian bisa lebih efisien. Selain itu, pemerintah juga akan memberi perhatian besar pada pembangunan industri manufaktur guna membangkitkan industri hilir agar Indonesia tidak lagi fokus pada eskpor barang-barang mentah.

Sektor pertanian dan perkembangan pun, kata Hatta, akan dikembangkan guna menjamin sumbangan devisa negara dan juga ketahanan pangan dan energi Indonesia. (Ant/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini