Sukses

Jadwal Garuda di Soekarno-Hatta Masih Kacau

Penerbangan Garuda ke Semarang, Balikpapan, Medan, Makassar, dan Kuala Lumpur mengalami keterlambatan. Penumpang menukarkan tiketnya.

Liputan6.com, Tangerang: Sedikitnya ada sebelas penerbangan pesawat Garuda yang mengalami pembatalan penerbangan di Bandar Udara Soekarno-Hatta Tanggerang, Banten, Selasa (23/11). Di antaranya penerbangan ke Semarang, Balikpapan, Medan, Makassar, dan Kuala Lumpur, Malaysia.

Dari pengamatan SCTV, sebagian penumpang tak sabar dan memilih menukarkan kembali tiketnya. "Iya dikembalikan," kata Yudha, penumpang Garuda.

Pembatalan penerbangan Garuda terjadi karena sistem operasi baru belum beroperasi sempurna. Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan, perangkat keras dan lunak sistem baru sebenarnya bagus. Namun, ketika diperiksa, ditemukan ada kabel yang copot.

Sistem operasi Garuda terganggu sejak hari Minggu sehingga banyak penerbangan dibatalkan. Sebelumnya, Garuda beralasan sedang menerapkan sistem baru agar bisa masuk dalam aliansi penerbangan dunia. Namun, Emirsyah Satar menegaskan, kerusakan karena ada kabel yang copot.

Ketika ditanya apakah kabel copot itu penyebab utama kacaunya sistem penerbangan? Emirsyah Satar tidak berani menyimpulkan. Dia hanya menambahkan penyelidikan sedang dilakukan, termasuk meneliti melalui kamera pemantau [baca: Garuda Minta Maaf Kepada Konsumen].(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.