Sukses

Harga Daging Naik, Harga Bakso Tetap

Meski harga berbagai daging naik selama bulan puasa, namun sejumlah jajanan yang menggunakan bahan baku daging tidak mengalami kenaikan.

Liputan6.com, Jakarta: Semangkuk bakso yang lezat, siapa yang tidak tergoda mencicipinya? Salah satu menu favorit masyarakat ini menggunakan bahan baku daging. Menurut para pedagang, meskipun harga daging di pasaran tengah melambung tinggi namun mereka tidak menaikan harga jualnya.

Di sebuah warung kawasan Kalimalang, Jakarta Timur misalnya. Imam selaku pedagang mengaku menjual bakso seharga Rp 8.000 per porsi. Ia tidak berani menaikkan harga karena takut sepi pelanggan. Walau untungnya sedikit berkurang, yang penting pelanggan tetap ramai.

Hal serupa dilakukan Muhammad Salim, seorang pedagang soto kudus. Harga jajanannya hanya Rp 7.000 per porsi. Ia menuturkan, harga tersebut tidak berubah sejak setahun lalu meski harga daging ayam relatif tinggi. Dalam seharinya, Salim membeli ayam 5-10 ekor untuk digunakan sebagai bahan soto.

Meski demikian, para penjual mengaku bahwa keputusan mempertahankan harga demi pelanggan tidak bisa dipertahankan terlalu lama. Apabila belum ada kestabilan harga maka harga dagangan akan dinaikkan usai lebaran.(OMI/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.