Sukses

Harga Bahan Kebutuhan Pokok Terus Naik

Di awal bulan puasa, harga kebutuhan pokok seperti daging sapi, telur, udang, minyak goreng curah, dan beras naik di sejumlah daerah.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Awal puasa tahun ini ditandai kenaikan harga bahan kebutuhan pokok di sejumlah daerah. Di Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (11/8), harga daging sapi mencapai Rp 65 ribu per kilogram. Padahal sehari sebelumnya masih sekitar Rp 63 ribu.

Di Pemalang, Jawa Tengah, udang dihargai Rp 47 ribu per kilogram, naik sekitar Rp 7 ribu dari harga sebelumnya. Untuk ikan, kenaikan berkisar Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu perkilonya [baca: Harga Pangan Terus Meroket Naik].

Sementara itu di Pasar Kreneng, Denpasar, Bali, harga minyak goreng curah mencapai Rp 11 ribu per kilogram atau naik Rp 2 ribu. Sedangkan harga beras C4 seperti Putri Sejati naik dari Rp 6 ribu menjadi Rp 7500.

Kenaikan juga terjadi di ibukota. Di Pasar Palmerah, Jakarta, harga daging terbilang cukup tinggi, yaitu Rp 70 ribu per kilogram. Harga telur juga melonjak dari Rp 13 ribu menjadi Rp 16 ribu per kilogram. Para pedagang menuturkan, harga dinaikkan agen besar.

Naiknya harga kebutuhan pokok seharusnya segera diantisipasi pemerintah. Pasalnya, harga yang sudah naik sulit turun bahkan cenderung terus melonjak. (WIL/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.