Sukses

Pemerintah Kaji Disparitas Harga Elpiji

Disparitas harga tabung elpiji 3 kg dan 12 kg diduga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya pengoplosan tabung gas.

Liputan6.com, Jakarta: Disparitas harga tabung elpiji tiga kilogram dan 12 kg diduga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya pengoplosan tabung gas. Imbas maraknya pengoplosan ini ledakan tabung gas terus terjadi dari hari ke hari di hampir seluruh wilayah Indonesia.

"Disparitas ini faktor pendorong yang merangsang pengoplos. Ada selisih harga cukup menggiurkan," kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono di Jakarta, Selasa (10/8). Jika harga elpiji 3 kg dinaikkan, maka harus ada kompensasi bagi masyarakat menengah ke bawah.

Dari data yang dihimpun, selama tiga tahun pelaksanaan program konversi minyak ke gas, ada 217 kecelakaan akibat kebocoran elpiji. Sebanyak 106 di antaranya terjadi dalam delapan bulan di 2010. Kecelakaan elpiji akibat kebocoran telah menghilangkan 26 nyawa dan 225 lainnya luka-luka.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini