Sukses

Harga Beras dan Daging Menyusul Cabai

Setelah harga cabai naik sangat tinggi, kini giliran beras dan daging ikut naik. Fenomena naiknya harga sembako ini diperkirakan bakal berlangsung hingga Ramadan.

Liputan6.com, Purwakarta: Kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok, terutama beras sebulan terakhir, semakin dikeluhkan warga. Harga beras di pasar tradisional Purwakarta, Jawa Barat, misalnya, juga mengalami kenaikan. Akibatnya suasana pasar sepi dari pembeli. Kenaikan harga beras berkisar Rp 1.000 per kilogram. Kenaikan diperkirakan akan terus berlangsung hingga menjelang Ramadan.

Selain harga beras, di Karawang, Jabar, harga daging sapi juga ikut naik. Kenaikan harga mencapai Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per kilogram. Saat ini harga daging sapi sudah mencapai Rp 60 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 55 ribu per kilogram. Kenaikan harga daging sapi yang sudah dua kali dikhawatirkan akan semakin naik menjelang Ramadan dan Lebaran nanti.

Di Grobogan, Jawa Tengah, harga sembako juga naik antara Rp 500 sampai Rp 700. Kenaikan harga ini memang selalu terjadi setiap tahun menjelang puasa. Di pasar umum Purwodadi, Grobogan, harga beras menjadi Rp 7.700 per kilogram. Harga telur naik menjadi Rp 14 ribu per kilogram dan minyak goreng curah naik menjadi Rp 8.500 per liter.

Kenaikan harga ini juga berdampak pada daya beli masyarakat dan omzet para pedagang. Pedagang mau pun pembeli berharap supaya pemerintah segera mengambil tindakan untuk menstabilkan harga, karena kenaikan diperkirakan masih akan berlanjut sampai memasuki bulan puasa.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.