Sukses

Karet Pengaman Tabung Gas Belum Berstandar

Kepada pihak Disperindag DKI Jakarta, pengeloa sebuah SPBBG mengaku belum ada standarisasi bagi karet pengaman tabung gas.

Liputan6.com, Jakarta: Dinas Perindustrian dan Perdagangan DKI Jakarta menggelar inspeksi mendadak ke stasiun pengisian bahan bakar gas di Jalan Pegangsaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (20/7) siang. Sidak ini dimaksudkan untuk mengontrol keamanan di setiap tabung gas, khususnya tabung gas ukuran tiga kilogram.

Dalam sidak ini pihak Disperindag juga mempertanyakan standar karet pengaman yang ada dalam tabung gas lantaran kerap menimbulkan kebocoran gas sehingga menyebabkan ledakan. Pihak pengelola SPBBG mengaku belum ada standarisasi karet pengaman tabung gas. Namun, setiap tabung gas yang sudah diisi selalu dilakukan pengecekan, terutama menyangkut karet pengaman.

Maraknya ledakan gas di sejumlah wilayah telah membuat Pertamina menghentikan pesanan tabung ke pabrik rekanan. Akibatnya, sejumlah pabrik pembuat tabung elpiji terpaksa merumahkan pegawainya untuk beberapa waktu. Seperti yang terjadi pada sejumlah pabrik tabung elpiji di daerah Cakung, Jakarta Timur. Ratusan karyawan terpaksa dirumahkan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Selain merumahkan karyawan, perusahaan mengaku mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini