Sukses

Harga Sembako di Solok Melambung

Harga sejumlah bahan pokok di Solok, Sumatera Barat, semakin mahal.

Liputan6.com, Solok: Harga sejumlah bahan pokok di Pasar Raya Solok, Sumatera Barat, mengalami kenaikan. Harga cabai yang semula hanya 24 ribu per kilogram, kini menjadi 50 ribu. Bahkan dalam sepekan ini, harga cabai per-kilogramnya sempat mencapai Rp 60 ribu. Sedangkan harga bawang merah naik dari Rp 12 ribu perkilogram, kini menjadi Rp 20 ribu.

Sementara harga tomat Rp 6000 menjadi Rp 8000 per kilogram. Kenaikan ini sudah terjadi sejak dua minggu terakhir. Menurut pedagang, kenaikan harga disebabkan pasokan dari daerah luar Solok tidak masuk.

Bahkan daerah Solok yang terkenal dengan pusat penghasil sayur-sayuran, tidak dapat memenuhi kebutuhan daerahnya sendiri, karena para petani banyak mengalami gagal panen. Kenaikan beberapa harga-harga bahan pokok tersebut, juga menyebabkan sepinya pembeli. Bahkan para pedagang pun enggan untuk menumpuk stok barang lebih banyak yang bisa mengakibatkan pembusukan.(IDS/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.