Sukses

Industri Kecil di Polman Butuh Bapak Angkat

Sejumlah pengusaha kerajinan rotan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, membutuhkan bapak angkat. Mereka terhambat masalah modal.

Liputan6.com, Polewali Mandar: Sejumlah pengusaha kerajinan rotan di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, membutuhkan bapak angkat, Selasa (6/7). Mereka kerap tidak bisa memenuhi pesanan besar karena terhambat masalah modal.

Beragam produk kerajinan tangan itu dihasilkan dari rumah-rumah industri di Kelurahan Mabulilling, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, seperti kursi, tirai, rak sepatu, lemari, hingga sofa. Selain bentuknya menarik, produk-produk yang dijajakan dengan harga relatif murah itu telah dipasarkan ke daerah lain.

Masalah modal usaha masih menjadi hambatan dalam pengembangan industri rakyat tersebut. Hal itu dialami Haji Asri, yang kerap tidak bisa memenuhi pesanan pelaggannya. Bahkan untuk mengajukan pinjaman ke bank, ia merasa dipersulit. Akhirnya, ia hanya melayani pesanan dalam jumlah kecil.

Seperti juga pengusaha kerajinan rotan lain di kawasan Binuang, Haji asri berharap ada bapak angkat yang bisa membantu pengembangan usaha mereka. Menurut mereka, kawasan Binuang berpotensi mengembangkan usaha kerajinan tersebut, karena alam di tempat ini melimpahkan banyak rotan.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini