Sukses

Listrik Naik, Pengusaha Konveksi Resah

Para pengusaha konveksi di Kendal, Jateng, resah menyusul kenaikan tarif dasar listrik (TDL) terhitung hari ini. Sebab, kenaikan TDL akan berbanding lurus dengan kenaikan harga bahan-bahan konveksi.

Liputan6.com, Kendal: Kenaikan tarif dasar listrik atau TDL terhitung 1 Juli membuat para pengusaha konveksi di Kendal, Jawa Tengah, resah. Sebab, naiknya TDL dipastikan akan berbanding lurus dengan kenaikan harga bahan-bahan konveksi. Apalagi, saat ini menjelang tahun ajaran baru, yang artinya pesanan seragam sekolah mulai menumpuk. Namun, jika harga dinaikkan, pengusaha khawatir pelanggan justru akan naik.

Terhitung hari ini, pemerintah secara resmi menaikan TDL. Pelanggan listrik 900 volt ampere ke bawah dan 6.600 volt ampere ke atas dipastikan tak akan naik. Kenaikan akan dibebamkan pada pengguna listrik 1.300 volt dan 2.200 volt ampere dengan rincian pelanggan sosial naik 10 persen. Sedangkan untuk rumah tangga 1.300 dan 2.200 volt ampere naik 18 persen.

Sementara pelanggan bisnis naik 12 hingga 16 persen, industri enam hingga 15 persen, pemerintah 15 hingga 18 persen, kereta api sembilan persen, apartemen 15 persen, dan pelanggan multiguna 20 persen [baca: Wah, TDL Jadi Juga Naik 1 Juli Besok].

Keputusan sudah diambil meski banyak yang tidak puas. Hanya satu cara mengatasinya, mulai sekarang berhematlah menggunakan listrik jika tak ingin tagihan listrik Anda untuk Agustus mendatang membengkak.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini