Sukses

Rupiah Pagi Menguat

Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat (18/6) pagi, membaik menjauhi angka Rp9.150 per dolar karena pelaku masih membeli rupiah menyusul peluang mata uang Indonesia di pasar yang makin menguat.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Jumat (18/6) pagi, membaik menjauhi angka Rp9.150 per dolar karena pelaku masih membeli rupiah menyusul peluang mata uang Indonesia di pasar yang makin menguat. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS naik tiga poin menjadi Rp9.145-Rp9.150 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.148-Rp9.155.

Analis Valas PT Bank Himpunan Saudara Tbk, Rully Nova mengatakan, kenaikan rupiah rata-rata relatif kecil, namun kenaikan yang terus terjadi itu memicu rupiah menembus angka Rp9.150 per dolar. "Kami optimistis rupiah akan terus menguat hingga mendekati angka Rp9.100 per dolar," ujarnya.

Menurut Rully Nova, kecilnya kenaikan rupiah itu disebabkan pelaku pasar masih memperhatikan pertumbuhan ekonomi global seperti di Eropa dan Amerika Serikat, apakah krisis keuangan yang terjadi di kawasan itu mulai membaik.

Kalau kedua kawasan itu membaik, mereka lebih cenderung membeli dolar atau euro karena kedua mata uang itu dinilai merupakan mata uang yang cukup aman dalam melakukan investasinya.

Karena itu, permintaan pasar terhadap rupiah relatif masih kecil, meski ada isu bahwa kawasan Asia merupakan pendukung utama pertumbuhan ekonomi global.Namun peluang rupiah untuk terus menguat masih cukup besar, karena investasi asing diperkirakan akan semakin besar," ujarnya.

Rupiah pada pekan depan kemungkinan akan kembali menguat hingga mendekati angka Rp9.100 bahkan melewatinya karena pasar makin positif. "Kami optimis rupiah akan dapat menembus angka Rp9.100 per dolar dan menuju ke level Rp9.000 per dolar," kata Rully. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini