Sukses

Teliti Tabung Sebelum Menggunakan Elpiji

Ada beberapa ciri yang bisa Anda teliti sebelum membeli tabung gas. Ini untuk mengurangi risiko ledakan.

Liputan6.com, Jakarta: Bagi para pengguna tabung elpiji, memang tidak mudah membedakan produk tabung ilegal dengan tabung resmi dari Pertamina. Namun tidak ada salahnya menyimak tips berikut ini agar Anda tidak membeli tabung ilegal yang berpotensi membahayakan keselamatan.

Pertama, perhatikan tampilan tabung. Lingkaran merah di leher tabung palsu terasa lebih kasar, sedangkan tabung asli terlihat lebih rapi. Dekat dengan mulut alve, ada cincin hijau yang warnanya masih baik. Sementara di tabung palsu, warna cincin tersebut sudah pudar.

Kemudian, lihat nomor seri tabung. Pada tabung palsu nomor tertulis tidak rapi dengan pengerjaan manual. Sementara yang asli memakai grafir komputer. Plat baja yang digunakan pun tebalnya berbeda. Tabung asli memakai plat baja 2,5 milimeter sedangkan yang palsu 2,3 mm.

Dari segi penampilan, tabung gas palsu lebih pendek sementara yang asli lebih besar. Yang paling penting adalah pada valve tabung. Pada tabung asli memiliki label pabrik yang mengeluarkan dan tentunya SNI (standar nasional Indonesia). Sedangkan tabung palsu tidak memiliki keduanya.

Jadi, teliti dulu sebelum membeli. Jangan sampai terjadi kebocoran, baru menyesal kemudian.(TES)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini