Sukses

Rencana Kenaikan TDL Kembali Ditolak

Rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik atau TDL kembali ditolak. Para pengusaha memprediksi akan terjadi penurunan produksi dan pemutusan hubungan kerja karyawan jika rencana tersebut benar dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta: Rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik atau TDL kembali mendapat penolakan. Jika sebelumnya pengusaha makanan dan minuman, kali ini 14 serikat pekerja industri besar dan kecil ikut menentang rencana tersebut.

Para pengusaha, terutama pengusaha industri rumahan akan terkena dampak yang cukup besar jika pemerintah tetap menaikkan TDL pada Juli mendatang. Mereka pun kian gencar menolaknya agar usaha mereka tidak gulung tikar.

"Kami memprediksi akan terjadi penurunan, bahkan kemungkinan karyawan akan dirumahkan," ucap Sahat Butar-Butar, Ketua Federasi Serikat Pekerja Kimia, Jakarta, Senin (24/5).

Sebenarnya, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan pemerintah tanpa harus menaikkan TDL. Yaitu, memberdayakan energi gas dalam negeri yang selama ini lebih banyak diekspor.(WIL/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini