Sukses

Hari Ini, Presiden Lantik Menkeu Baru

Presiden mempercayai Agus Martowadjojo bisa menggantikan posisi Sri Mulyani Indrawati sebagai menteri keuangan. Sore ini, Agus akan dilantik di Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan melantik Agus Martowadjojo sebagai menteri keuangan, Kamis (20/5), pukul 15.00 WIB, di Istana Negara, Jakarta. Pada saat yang sama, presiden juga akan melantik Anny Ratnawati sebagai wakil menteri keuangan.

Di hadapan wartawan semalam, Presiden SBY mengatakan, Agus dan Anny ditetapkan setelah dia mempertimbangkan tugas pokok menteri keuangan. Presiden juga memperhatikan tantangan dan portofolio posisi menteri keuangan. Untuk memutuskan ini, presiden menerima masukan dan mendengar saran Wakil Presiden Boediono [baca: Boediono Akan Dampingi Presiden Umumkan Menkeu Baru].

Presiden memercayai Agus bisa menggantikan posisi Sri Mulyani Indrawati [baca: Agus Martowardjojo Gantikan Sri Mulyani]. Sebelumnya, pria kelahiran Amsterdam 24 Januari 1956 ini, menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan ECW Neloe. Agus juga mempunyai pengalaman malang melintang di dunia perbankan.

Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1984 itu pernah menjadi Dirut Bank Permata. Dia juga pernah menjabat advisor bagi ketua dan wakil Ketua BPPN bidang Perbankan. Agus pun sempat berkantor di Bank Niaga, Bank Bumiputera, dan Bank Ekspor Impor Indonesia [baca: Jejak Karier Agus Martowardjojo].

Di lingkungan organisasi perbankan, Agus adalah Ketua Umum Perbanas (Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional Swasta) periode 2003-2006. Dia tercatat pernah mengikuti kursus perbankan dan manajemen di Amerika Serikat dan Singapura.

Presiden SBY sempat mencalonkan Agus sebagai Gubernur Bank Indonesia. Namun, belakangan dia tak lolos dalam uji kelayakan dan kepatutan DPR. Gagal menjadi Gubernur BI, Agus kini malah menjabat sebagai menteri keuangan.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini