Sukses

BI Selesaikan Kredit Macet Bank Eksekutif

Bank Indonesia (BI) memberikan perpanjangan penyelesaian kredit bermasalah (non performing loan (NPL) PT Bank Eksekutif Internasional karena masuknya pemilik baru.

Liputan6.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) memberikan perpanjangan penyelesaian kredit bermasalah (non performing loan (NPL) PT Bank Eksekutif Internasional karena masuknya pemilik baru.
    
"Untuk NPL Bank Eksekutif sebelumnya pemilik lama diberi waktu hingga Maret, sekarang pemilik baru sudah masuk tinggal tunggu proses pasar modal sehingga kami (BI) bersedia saja memberikan karena harus menunggu akhir Juni selesai RUPS (rapat umum pemegang saham)," kata Pejabat sementara (Pjs) Gubernur BI Darmin Nasution, di Jakarta, Jumat(9/4).
    
Menurut Darmin, masuknya investor baru (Recapital) melalui proses pasar modal (penawaran umum terbatas/right issue). Pada pemberitaan sebelumnya, Recapital Advisors telah menempatkan dananya sekitar Rp180 miliar ke Bank Eksekutif  melalui skema right issue. Chairman Recapital Advisors Roslan P Roeslani, mengatakan untuk mengakusisi ini Bank Eksekutif, pihaknya telah menyiapkan dana senilai Rp 500 miliar.
    
Recapital juga telah mengganti jajaran direksi Bank Eksekutifi dan pembenahan masalah keuangan akan tuntas pada bulan Juli nanti. Roslan optimis akusisi terhadap Bank Eksekutif akan memberikan keuntungan. Sebab, perusahaan investasi ini pernah sukses membesarkan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dan menjualnya dengan harga tinggi.
    
Dia mengungkapkan Recapital telah berhasil membuat aset BTPN naik dari Rp4,5 triliun menjadi Rp12,5 triliun dalam waktu singkat. "Sesuai komitmen dengan BI kami akan di Bank Eksekutif minimal 5 tahun," kata Roslan. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini