Sukses

Rupiah Melemah 20 Poin

Rupiah hari ini di level Rp9.060-Rp9.070 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.040-Rp9.050 atau turun 20 poin.

Liputan6.com, Jakarta: Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Kamis(8/4) pagi turun, setelah beberapa hari lalu menguat hingga mendekati angka Rp9.000 per dolar, akibat aksi beli pelaku pasar terutama asing terhadap mata uang Indonesia. Rupiah menjadi Rp9.060-Rp9.070 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.040-Rp9.050 atau turun 20 poin.
     
Analis Valas PT Valbury Asia Securities, Krisna Dwi Setiawan di Jakarta, mengatakan, koreksi harga terhadap rupiah dinilai wajar, karena pelaku pasar merealisasikan keuntungan.  

Namun aksi lepas rupiah tidak akan berlangsung lama, karena dukungan positif terhadap mata uang Indonesia masih tetap terjadi, katanya. Krisna Dwi Setiawan mengatakan, penurunan rupiah saat ini juga terjadi karena Bank Indonesia (BI) berupaya menahan kenaikan rupiah yang terlalu cepat. 
    
BI menjaga agar rupiah tidak terlalu cepat menembus angka Rp9.000 per dolar, meski arah ke sana sangat memungkinkan sekali, kata Krisna.  Selain itu, lanjut dia aksi lepas terhadap rupiah juga karena saham-saham AS terkoreksi, akibat aksi ambil untung oleh pelaku pasar.
     
"Rupiah saat ini terkoreksi namun peluang untuk berada dibawah Rp9.000 per dolar masih tetap besar, hanya menunggu waktu untuk bisa sampai kesana." Kata Krisna. (Ant)
     

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini