Sukses

Rupiah Senin Pagi Menguat 30 Poin

Keputusan Sidang Paripurna yang memberi kepastian kasus Bank Century akan dibawa ke ranah hukum, memberi sentimen positip pada pergerakan rupiah terhadap dolar. Senin pagi (8/3), Rupiah menguat 30 poin terhadap 'The green back'.

Liputan6.com, Jakarta: Nilai Rupiah terhadap Dolar AS Senin pagi (8/3) dibuka menguat di bawah Rp 9.250 per Dolar AS. Penguatan nilai tukar rupiah ini menurut seorang pengamat pasar uang di Jakarta, antara lain didukung oleh kepastian putusan Sidang Paripurna DPR yang menyatakan penyelamatan Bank Century bermasalah.

Pengamat Edwin Sinaga seperti dikutip ANTARA mengatakan, Keputusan DPR itu menunjukkan bahwa masalah Bank Century harus dibawa ke ranah hukum untuk membuktikan apakah ada yang salah atau tidak. Pasar merespon positip keputusan itu.

Nilai tukar rupiah terhadap 'The Green back' dibuka pada kisaran Rp 9.230 - Rp 9.240 per Dolar AS, menguat 30 poin dibanding penutupan akhir pekan lalu pada Rp 9.260 - Rp 9.270. Edwin yang juga Dirut PT Finan Corpindo Nusa, memperkirakan rupiah akan terus menguat hingga ke level Rp 9.200 per Dolar AS karena sentimen positif cukup besar.

Masuknya dana asing melalui Surat Utang Negara (SUN) dalam beberapa hari ini cukup besar. Ini menunjukkan pelaku asing masih optimis situasi politik di dalam negeri akan semakin membaik. Selain itu, rupiah pada sore nanti diperkirakan akan kembali membaik karena dukungan faktor eksternal seperti pasar regional yang terus membaik.(MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini