Sukses

Harga Minyak Naik di Perdagangan Asia

Harga minyak naik di perdagangan Asia karena naiknya data manufaktur di AS yang dikombinasikan dengan kenaikan di pasar saham Asia.

Liputan6.com, Singapura: Harga minyak naik di perdagangan Asia, Selasa (2/2), karena naiknya data manufaktur di AS yang dikombinasikan dengan kenaikan di pasar saham Asia yang mendorong pasar naik. Demikian diungkapkan sejumlah analis. Kontrak utama minyak jenis light sweet crude di New York untuk pengiriman Maret melampaui level US$ 75 pada perdagangan pagi, dengan naik US$ 58 sen menjadi US$ 75,01 per barel.

Sejumlah penguatan yang dilaporkan oleh Institute of Supply Management (ISM) di AS, Senin, memang menunjukkan melonjaknya aktivitas manufaktur selama Januari. Seperti juga meningkatnya pasar saham Asia dan menginspirasi perdagangan minyak mentah, kata kalangan dealer.

"Harga minyak terus naik terutama berdasarkan pada kenaikan saham sehari sebelumnya dan berita bagus dari manufaktur yang keluar dari AS," kata Victor Shum, principal senior di kantor konsultan energi Purvin and Gertz yang berada di Singapura.

ISM mengatakan indeks manufaktur, juga dikenal sebagai indeks pembelian manajer, merangkak 58,4 persen di Januari, angka terbaik sejak 2004 dan jauh di atas 50 persen yang mengindikasikan pertumbuhan.

Kenaikan pasar saham di Asia juga menambah energi bagi kenaikan panjang harga minyak mentah, terutama melonjaknya indeks Hang Seng dan Nikkei-225 selama perdagangan pagi. Harga minyak mentah akan cenderung berada di kisaran tingkat harga pada pekan depan.

"Dalam jangka pendek, harga akan cenderung bertahan di level pertengahan 70-an. Ketika kita melihat lebih banyak tanda-tanda pemulihan ekonomi, harga akan merayap kembali ke 80 dolar, tapi itu mungkin baru terlihat beberapa minggu ke depan," tambah Shum seperti dikutip ANTARA.(ADO)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini