Sukses

Tahun Ini Penerima Raskin Turun

Penerima beras untuk warga miskin alias raskin pada tahun ini turun sekitar satu juta rumah tangga sasaran (RTS) dibanding tahun silam yang mencapai 19,5 juta RTS.

Liputan6.com, Makassar: Penerima beras untuk warga miskin (raskin) periode 2010 turun sekitar satu juta rumah tangga sasaran (RTS) atau kini hanya 18,5 juta RST dibanding 2009 yang mencapai 19,5 juta RTS. "Adanya penurunan jumlah RTS itu, juga menyebabkan tonase raskin turun sekitar 600 ribu ton pada 2010 dibanding pagu raskin tahun 2009," kata Direktur Pelayanan Publik Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Sutono di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (13/1), seperti dikutip ANTARA.

Sutono menjelaskan, adanya penurunan jumlah RTS penerima raskin itu menjadi salah satu indikator jika tingkat kemiskinan di Indonesia mulai menurun. Sementara mengenai kualitas beras raksin yang disalurkan ke RTS, ia mengakui masih ada beberapa daerah mendapatkan beras yang belum memenuhi standar. Ini lantaran faktor lamanya penyimpanan beras di gudang.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Divisi Regional Bulog Sulawesi Selatan dan Barat, Herman Agus Mahmud mengatakan, pagu raskin 2010 untuk wilayahnya juga menurun seperti di tingkat nasional. Dia mengungkapkan, saat ini sudah ada empat daerah yang sudah lengkap dokumennya untuk mendapatkan pagu raskin, yakni Kota Makassar, Parepare, Kabupaten Barru dan Pinrang.(IDS/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini