Sukses

Neraca Perdagangan Indonesia Kerap Defisit

Dampak perdagangan bebas Asean-Cina sebenarnya telah dialami sejak lima tahun lalu. Neraca perdagangan Indonesia dengan Cina dan juga sesama negara Asean selalu defisit.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah optimistis Indonesia bisa berkompetisi dengan Cina dalam perdagangan bebas yang mulai diberlakukan 1 Januari lalu. Padahal data menunjukkan dalam lima tahun ini, ketika produk Cina masih dikenakan bea masuk perdagangan Indonesia dengan negara itu selalu negatif. Ternyata bukan hanya Cina dengan negara Asean pun perdagangan Indonesia selalu defisit.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Rabu (6/1), ekspor dan impor non-migas Indonesia tahun lalu, neraca perdagangan Indonesia dengan Cina defisit lebih dari empat miliar dolar Amerika Serikat. Sedangkan dengan Singapura, Indonesia defisit 1,2 miliar dolar AS. Kemudian dengan Thailand defisit 1,8 miliar dolar AS, dan hanya surplus dengan Malaysia.

Data tersebut bisa jadi cerminan betapa kinerja ekspor Indonesia sebenarnya telah lama tergerus. Jika pemerintah tak juga sigap, angka defisit perdagangan ini bukan tidak mungkin akan semakin membesar dan Indonesia menjadi negara yang tergantung pada impor.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini