Sukses

Produk Cina Dipastikan Banjiri Indonesia

Mulai awal Januari ini, kesepakatan perdagangan bebas alias FTA ASEAN-Cina diberlakukan. Ini berarti, produk impor dari Cina akan membanjiri pasar domestik.

Liputan6.com, Jakarta: Mulai awal Januari ini, kesepakatan perdagangan bebas alias Free Trade Agreement (FTA) ASEAN-Cina diberlakukan. Ini berarti, produk impor dari Cina akan membanjiri pasar domestik.

Saat ini barang asal Negeri Tirai Bambu itu dikenal lebih murah ketimbang produk lokal. Memang, baik pedagang maupun konsumen mempunyai banyak pilihan. Namun, tidak demikian halnya bagi kalangan pengusaha dalam negeri.

Bermacam produk Cina, termasuk batik mulai awal 2010 dipastikan membludak di pasaran dalam negri. Hal ini lantaran FTA yang membebaskan produk asal Cina dari bea masuk. Menurut pedagang dan konsumen, sekalipun produk Cina membanjiri Tanah Air, masyarakat masih lebih memilih membeli produk lokal. Sebab, menurut mereka, kualitasnya lebih bagus dibanding produk Cina.

Sementara bagi kalangan pengusaha khususnya tekstil, pemberlakuan FTA ASEAN-Cina bagai kado pahit di tahun baru. Kelangsungan industri khususnya usaha kecil menengah alias UKM terancam. Padahal, selama ini UKM menopang perekonomian nasional. Asosiasi pengusaha memperkirakan akan terjadi pemutusan hubungan kerja massal karena 75 persen pasar domestik dikuasai produk Cina [baca: Produk Cina Merajai Pasaran Indonesia].

Kendati demikian, pemerintah optimistis Indonesia mampu bersaing dengan Cina. Pemerintah juga berkomitmen melindungi produk dalam negeri.

Sekadar informasi, Cina selama ini adalah pemasok barang terbesar ke Indonesia. Semester pertama 2009 saja, impor nonmigas dari Cina mencapai US$ 5,9 miliar dengan pangsa pasar 17,36 persen. Khusus produk tekstil, Cina menguasai 15 persen pasar domestik. Jika FTA diberlakukan, lonjakan impor dari Cina kian tak terbendung.(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini