Sukses

Gas untuk Pembangkit Listrik jadi Fokus Dahlan

Dirut PLN yang baru, Dahlan Iskan, yang mendapat dukungan dari pelaku usaha di Jawa Timur, berjanji akan fokus pada penyediaan gas untuk pembangkit listrik.

Liputan6.com, Surabaya: Pengusaha dan Muspida Jawa Timur berharap, meski sempat ditolah Serikat Pekerja, PLN dibawah kepemimpinan Dahlan Iskan mampu melakukan perubahan sistem dan manajemen. Bahkan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menawarkan sumberdaya panas bumi untuk dikembangkan menjadi pembangkit listrik di daerahnya.

"Ada sejumlah energi panas bumi yang bisa dijadikan pembangkut listrik, agar target pertumbuhan lima persen bisa tercapai tanpa gangguan pasokan listrik yang terbatas," tutur Soekarwo dalam acara tasyakuran yang digelar Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DPD Jawa Timur, Ahad (27/12). Tasyakuran ini terkait atas terpilihnya Dahlan Iskan menjadi Direktur Utama PLN, yang dilantik pekan lalu, di Jakarta.

Dalam acara yang dihadiri ratusan pengusaha lokal Jawa Timur ini, Dahlan Iskan juga menyadari akan kebutuhan listrik yang selama ini sering dikeluhkan pelaku usaha, karena pasokan terbatas. Sebagai langkah awal, CEO Grup Jawa Pos ini akan memprioritaskan pasokan gas untuk pembangkit listrik, meski harus dengan cara mengimpor.

"Ini saya prioritaskan karena dirasakan penting dan sudah mendesak, agar pasokan listrik terpenuhi," jelas Dahlan. Pemilik PLTU Sembalut di Kalimantan Timur ini juga mengaku akan melepas jabatan Dirut di puluhan perusahaan miliknya, serta  11 perusahaan milik Pemprov Jawa Timur, agar bisa langsung fokus bekerja [baca:Dahlan:"Saya Senang Lepas Bisnis Pembangkit Listrik"]. (ETA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini