Sukses

SBY Harapkan Eropa Sepenuhnya Cabut Larangan Terbang

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengharapkan pencabutan larangan terbang di Eropa bagi maskapai Indonesia diberlakukan secara penuh pada 2010.

Liputan6.com, Brussel: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengharapkan pencabutan larangan terbang di Eropa bagi maskapai Indonesia diberlakukan secara penuh pada 2010. Hal itu disampaikan Presiden saat bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Durao Barroso di Brussel, Belgia, Senin (14/12).

Pada 13 Juli 2009, larangan terbang bagi maskapai Indonesia di Eropa dicabut bagi empat maskapai, Garuda Indonesia Airlines, Mandala, Premiair, dan Airfast. Selanjutnya diharapkan empat maskapai lain bisa mendapatkan izin terbang ke Eropa yaitu Lion Air, Metro Batavia, Indonesia Airasia, dan Travira Air. "Saya menghargai pencabutan larangan terbang bagi empat maskapai pada 2009 dan mengharapkan itu bisa diperluas pada 2010 mendatang," kata Yudhoyono.

Sementara itu, Barroso mengatakan, pencabutan larangan sepenuhnya ada pada komite ahli penerbangan yang berasal dari negara-negara anggota Uni Eropa. "Namun saya ucapkan selamat atas pencapaian Indonesia dalam perbaikan kualitas dan standar penerbangan. Untuk proses selanjutnya sangat tergantung pada penilaian teknis tim di lapangan," ucap Barroso.(ZAQ/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.