Sukses

Kejar Pasar Lokal, Pengusaha Blangkon Bertahan

Krisis global yang banyak dirasakan para pelaku industri kerajinan ekspor seakan tidak berdampak bagi para pengrajin blangkon di Bugisan, Yogyakarta. Setidaknya ada 20 kepala keluarga yang bertumpu pada usaha turun-temurun ini.

Liputan6.com, Yogyakarta: Meski hanya mengandalkan pasar lokal, pengrajin blangkon di Bugisan, Yogyakarta, tetap bertahan hingga kini. Krisis global yang banyak dirasakan para pelaku industri kerajinan ekspor seakan tidak berdampak bagi para pengrajin kelengkapan busana adat tersebut.

Berbagai model blangkon seperti model Solo, Yogyakarta, hingga Cirebon, dan Madura diproduksi di Bugisan. Harganya bervariasi mulai Rp 25 ribu hingga Rp 300 ribu tergantung bahan dan tingkat kesulitan model yang dibuat. Setiap hari mereka disibukkan dengan mengerjakan pesanan blangkon yang pada umumnya berasal dari usaha sewa pakaian adat Jawa.

Kebutuhan masyarakat yang besar terhadap blangkon membuat kerajinan penutup kepala ini tak lekang dimakan zaman. Setidaknya ada 20 kepala keluarga yang bertumpu pada usaha turun-temurun ini. Ketekunan dan semangat mempertahankan tradisi ternyata membuahkan hasil dan membuat mereka dapat bertahan. Simak selengkapnya dalam video berikut.(YNI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini