Sukses

Rupiah Melemah Per Dolar Amerika

Rupiah kembali dibuka melemah pada posisi mendekati Rp 9.700 per dolar Amerika Serikat, Kamis (29/10) pagi. Aksi borong dolar oleh pemain asing membuat rupiah terus tertekan.

Liputan6.com,Jakarta: Rupiah kembali dibuka melemah pada Kamis (29/10). Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat di pasar spot antarbank Jakarta, pagi tadi turun 80 poin mendekati angka Rp 9.700 per dolar. Hal itu terjadi karena pelaku pasar membeli dolar, setelah indeks kepercayaan konsumen Amerika turun. Nilai tukar rupiah terhadap dolar menjadi Rp 9.665 - Rp 9.675 per dolar, dibanding penutupan hari sebelumnya Rp 9.585 - Rp 9.595.

Pengamat pasar uang Farian Anwar seperti dikutip Antara di Jakarta, mengatakan bahwa kebutuhan dolar setiap akhir bulan merupakan faktor utama yang menekan rupiah hingga terpuruk ke posisi Rp 9.665 per dolar.

Menurut Farian yang juga Direktur Currency Management Board, pelaku asing aktif membeli dolar karena mulai jenuh bermain di pasar saham maupun di pasar uang global. "Kami memperkirakan aksi lepas oleh pelaku asing masih akan berlanjut sehingga kedua pasar itu terus tertekan, " ujar dia.

Farian memperkirakan, pelaku asing mulai mengalihkan dananya dari pasar uang, pasar komoditi, minyak, nikel dan emas, untuk kembali membeli dolar, setelah mata uang itu terpuruk. Dolar diperkirakan akan terus menguat hingga pelaku asing itu jenuh dan mencari pasar lain mencari keuntungan yang lebih besar.(MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.