Sukses

Harga Minyak Dunia Fluktuatif, Harga BBM Tetap

Dari hasil evaluasi perkembangan harga minyak dunia, Departemen ESDM mengumumkan harga jual premium, solar, dan minyak tanah per 15 September 2009 tidak akan mengalami kenaikan.

Liputan6.com, Jakarta: Dari hasil evaluasi perkembangan harga minyak dunia, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan bahwa harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) tertentu, per 15 September 2009 mulai pukul 00.00 waktu setempat, tidak akan mengalami kenaikan. Yang dimaksud sebagai BBM tertentu yaitu premium, solar, dan minyak tanah.

Dalam siaran persnya, Departemen ESDM menyebutkan harga tetap akan mengikuti Peraturan Menteri ESDM No 1 Tahun 2009 tentang Harga Jual Eceran BBM Jenis Minyak Tanah, Bensin Premium, Minyak Solar untuk Keperluan Rumah Tangga, Usaha Kecil, Usaha Perikanan, Transportasi dan Pelayanan Umum. Untuk bensin premium harganya adalah sebesar Rp 4.500 per liter, solar Rp 4.500 per liter, dan minyak tanah Rp 2.500 per liter.

Menurut Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Departemen ESDM, Sutisna Prawira, hasil pengawasan dan evaluasi perkembangan harga minyak mentah dan harga produk BBM di pasar dunia dalam satu bulan terakhir menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan. Walaupun demikian, perkembangan harga hariannya masih fluktuatif.

Rata-rata harga minyak pada Agustus, menurut Sutisna, merupakan yang tertinggi selama 2009. Sedangkan rata-rata harga minyak tahunan sampai Agustus masih di bawah asumsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara-Perubahan 2009. Dengan mempertimbangkan kondisi tersebut serta kondisi sektor riil, maka Pemerintah berketetapan harga BBM tidak berubah.(LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini