Sukses

Jaringan Telepon Aman

Perusahaan Telekomunikasi menjamin kelancaran komunikasi tak terganggu akibat gempa. Saat ini, infrastruktur telekomunikasi tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Liputan6.com, Jakarta: Perusahaan telekomunikasi menjamin kelancaran komunikasi. Pasalnya, infrastruktur yang mereka miliki tak mengalami gangguan akibat gempa berkekuatan 7,3 skala Richter (SR) yang menguncang 142 kilometer barat daya Tasikmalaya. "Berdasarkan informasi yang saya kumpulkan, fasilitas telekomunikasi baik flexi maupun telepon kabel tetap berfungsi," ujar Eddy Kurnia, juru bicara PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. ketika dihubungi Liputan6.com, Rabu (2/9).

Hal serupa juga diungkapkan oleh PT Excelcomindo Pratama Tbk. (XL). GM Corporate Communication XL Myra Junor mengatakan, dari 300-an BTS di wilayah tersebut tidak ada yang roboh. "Gangguan hanya karena listrik mati saja, tapi kami sudah menyiapkan genset," katanya.  

Soal sulitnya melakukan komunikasi sekitar pukul 15.00 WIB, Myra mengatakan hal tersebut dikarenakan trafic panggilan yang tinggi. "Load-nya tinggi jadi agak sulit menelepon," ujarnya.

Sementara itu, Eddy mengatakan sulitnya melakukan panggilan adalah hal yang wajar karena banyak orang yang melakukan panggilan secara bersamaan. "Lebih dipengaruhi trafic yang tinggi," ujarnya.

Meski tak ada jaringan Telkom yang rusak, namun beberapa bangunan milik Telkom mengalami kerusakan. "Gedung kami di Tasikmalaya dan Garut mengalami kerusakan yang berat, retak-retaknya cukup banyak," katanya. Namun hingga saat ini, Eddy tak dapat memperkirakan besarnya kerugian yang dialami.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini